Sabtu, 04 Februari 2017

Gini rasanya ya jadi cewe teknik? :")






Hollaaaaaa Fellas!

Hai para fans fans gue cabang Jabodetabek khususnya Depok dan sekitarnya!!! Cabang Bejiii!! Jagakarsaaa!! Citayeeeem!!! Sabar yah tanda tangan belakangan, kalo ga mau ngantri pake pass card yah. ehe. he.


Kali iniiii, gue bakal bercerita sedikit dan agak tidak penting (tp emg bener2 ga penting) tentaaang..... bagaimana gue selama ini menjalani garis-garis keras gue sebagai................... mahasiswi teknik elektro *eng ing eeeeng*




" Kak, cewe kuat gitu masuk teknik ?"
" Kak, capek ga jadi anak teknik ?"

Seloow seloow, pertanyaan kaya gitu tuh wajar banget buat cewe-cewe yang penasaran kalo jadi mahasiswi jurusan teknik tuh gimana.Termasuk gue sendiri, diawal pas baru kuliah. Gimana tuuh ceritanya?

Jadi,
 tbh dr SMA gue sebenarnya sudah menargetkan dua jurusan untuk kuliah, FMIPA dan FT. Dan karena saking teramat cintanya (ga efektif bgt kalimat gue, mubazir) gue sama Biologi, jadi gue mem-prioritaskan FMIPA untuk jadi target utama gue. Selain itu, gue juga kepincut2 sama FT siih. Gue pengen bgt bisa masuk Teknik Lingkungan atau Teknik Bioprosesnya UI tapiii disatu sisi gue juga sadar diri hahaha karena yaa nilai gue yang tidak begitu AMAZING, AWESOME, GREAT :" tapi coba laah boleh kan.

Naaah,
karena gue ga tembus SNMPTN dan SBMPTN, akhirnya gue coba ikutan UMPN PNJ. Gelombang 1 waktu itu. Tapi PKKP gelombang 2 wkwk.
Berhubung gue sangat tidak tertarik untuk lintas jurusan ke soshum karena :
1. Gue sangat *sorry to say bego di ekonomi, jadi ngeri kalo mau sok2 lintas jurusan :"
2. Gue tipe orang yang senang menghapal, tapi kalo sosiologi atau yang lainnya ga pernah bisa dihapal. Kenapa? :"

So, i decide to choose rumpun saintek sih.
Daaaan melihat ada nama prodi Teknik Telekomunikasi 

"ini telekomunikasi apaan ya?"
"ini mirip mirip sama komunikasi kali ya?"
"eh bukan deh. Ini mah pasti berhubungan sama telepon, internet, tipi2"

Nah, itu first impression gue pas liat nama Teknik Telekomunikasi. Dan karena gue mikirnya masih ada hubungannya sama IT gitu, akhirnya gue tertarik buat belajar di Prodi ini.

Aaaand, ternyata gue diterima wkwkwk
Nah, dan pada saat itu gue baru ngeh kalaaau Teknik Telekomunikasi itu merupakan Program Studi dari Teknik Elektro. Nah kan. Mam.
Gue yang saat itu baru tau, langsung kepikiran segala macem 

"gue kurus gini, cewe pula, jadi anak teknik. Mau makin kurus gue?"
"yah fisik banget kali ini"
"kalo gaada cewenya gimanaaaaaa?"

Banyak pertanyaan yang bikin diri gue jadi ragu buat masuk teknik, padahal awalnya gue sempet bercita-cita jadi anak FT sebelah hehe. Akhirnya gue coba bulatkan niat, dan ubah mindset gue kalo jadi cewe teknik itu ga buruk. Malah keren. Ehe.

Dan, sekarang gue baru aja duduk di semester 4.
Selama 4 semester ini, gue tau banyak hal setelah jadi anak teknik telekomunikasi *sombong bgt kayanya gue dari tadi. Tapi percaya lah guys, jadi anak teknik itu seruuuuuu banget. Kapan lagi kan lo nge-bengkel? Lo motong2 plat besi, lo bending2 plat besi alias nge-bengkokin. Ya kalo lo punya kemampuan bengkokin besi pake ala2 magician gitu sih gapapa wkwk ini make alat gede. Kapan lagi kan lo nge-bor plat besi atau PCB mulai dari bor meja yang gede sampe bor tangan yang kecil, lu pun beli buat nugas di rumah :" Lo bakal belajar nyolder komponen, tau banyak komponen2 elektro. Tau cara bikin jalur di PCB, tau cara ngoding. 

Lo juga bakal belajar bikin simulasi antenna buat modem kek, Wifi kek, TV, Radio, apa aja. Belajar bikin speaker, power supply, belajar digital, dan masih banyak hal seru lainnya.

Pokoknya seru deeeh.
"Berat ga kak dapet nilainya? Susah gak?"

Ya gue akuin agak berat sih emang buat dapet nilai yang bagus2 setiap waktunya, tapi pasti laah bisa kok pelan-pelan. Teknik memang basicnya lo harus tertarik dulu sama matematika atau fisika. Nah kalo gitu, nanti lo bisa enjoy pas belajar matkul2nya. Tapi, ga harus kook lu cinta banget sama 2 mata pelajaran itu, asal lo niat dan bisa ngikutin yaa pasti lo juga bisa lah jadi anak teknik sejatiii hehe.

Yang penting niat, usaha, BELAJAR. Gaada di dunia ini orang bodoh, adanya males. Bener bgt sih ini, lo bakal nemu yang kaya gini di kampus banyak bgttt. Jangan kaya gue yak, masih suka males2an :" DEEP. 

So, sekian info dan cerita tidak bermutu gue, semoga dapat meng-inspirasi temen semua yang masih bingung buat milih Teknik sebagai jurusan yang diinginkan hehe. GOODLUCK!


 Sincerely,

Nadiah - your future Electrical Engineer 

*doakan ya tahun ini aku magang, tahun depan aku wisuda :"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar